Air Terjun Pengantin Hargomulyo

Air Terjun Pengantin di Desa Hargomulyo, Ngrambe, mulai menjadi jujukan wisatawan lokal mengisi liburan akhir pekan. Panorama indah dan hawa sejuk menjadi daya tarik warga menikmati keindahan air terjun setinggi 50 meter itu.
Pengunjung air terjun itu meningkat signifikan sejak tiga bulan terakhir. Itu setelah warga sekitar membuka akses jalan pintas, meski masih berupa tatanan tanah liat yang diberi pagar bambu sebagai pembatas. Sebelumnya memang ada larangan, karena sangat berbahaya. Dulu belum ada jalan yang mudah dilalui seperti saat ini,terang Arifin, salah seorang warga.
Jalan setapak yang harus ditempuh hanya 200 meter dari lokasi penarikan retribusi. Sedangkan pagar bambu sengaja dipasang untuk mengantisipasi pengunjung tergelincir lantaran kondisi jalan yang berkelok dan licin. Diberi pagar dari bambu untuk pegangan. Kalau habis hujan harus ada yang memandu, paparnya.

Air Terjun Pengantin terbilang objek wisata yang masih perawan. Airnya bening, nyaris tak ada sampah atau kotoran sedikit pun. Sementara, di sekelilingnya terdapat tebing-tebing curam yang ditumbuhi aneka tanaman. Indah sekali. Bisa untuk background dokumentasi, urainya.

Sudah beberapa kali Mas Ony (wabup, Red) datang ke sini (Air Terjun Pengantin). Juga anggota DPR Ramadhan Pohon. Mereka mengaku tertarik untuk mengembangkannya, imbuhnya. Lanjut dia, seiring bertambahnya pengunjung, mulai banyak warga yang mendirikan warung di sepanjang jalan menuju air terjun. Mereka warga sekitar. Kalau retribusi masuk memang diperuntukan kas karang taruna, ujarnya.

Belgis, salah seorang pengunjung, mengaku kagum dengan pesona Air Terjun Pengantin. Dia pun betah berlama-lama berendam di bawah guyuran air terjun yang bening. Sudah dua jam saya dan teman-teman mandi di sini (air terjun, Red), ujarnya. (dip/isd)

radarmadiun

Melu kategori : BeritalingkunganNgawiWisata

31 Responses to “Air Terjun Pengantin Hargomulyo”

  1. vicky says:

    kok gak ada gambarnyah?
    air terjung pengantin ya? kayak di film ituh…

  2. Aryan says:

    matur suwun pak guru sampun di post kan… hehe… mantab mantab… meskipun masih minim tapi saya yakin itu akan menjadi besar hehe kok gak mampir rumahku mas hohoho… ini peta nya http://www.ngrambe.net/peta-menuju-air-terjun-pengantin-hargomulyo-ngrambe-ngawi/

  3. livia says:

    weh….enek to??ayo runu teman2….

  4. ridwanxiexie says:

    wah jadi pengen kesono nih

  5. hatifah says:

    air terjun pengantinnya seperti apa ya.,??
    baru tahu..
    good to know.. :D

  6. [...] Air Terjun Pengantin terbilang objek wisata yang masih perawan. Airnya bening, nyaris tak ada sampah atau kotoran sedikit pun. Sementara, di sekelilingnya Baca Selengkapnya: http://kotangawi.com/air-terjun-pengantin-hargomulyo/ [...]

  7. Sang Bayang says:

    Akhirnya di perhatikan juga..!!!

  8. sang bayang dadi bayangan ae senengane ki

  9. sucipto says:

    itu tuh tanya tanya ama sie publikasi, n promosinya. yaitu mas aryan.. :D

  10. budies says:

    saya kira ada update tambahan foto air terjun

  11. totok says:

    ngawi memang punya potensi alam yg menjanjikan. air terjun, perkebunan teh, kali bengawan, waduk, tempe kripik, pecel lethok. orang-orangnya pun ramah tamah. mudah2an bs bersaing dg kuta bali atau pulau lombok (kayak ngimpi ;>)

  12. totok says:

    ehm dicekal ya…

  13. 16 September says:

    Aku ping 2 liwat dalan konowi, gak pernah ngerti air terjun e sisih endi..

  14. faizal says:

    kotaku smakn berkembang ea!

  15. faizal says:

    m0numen suryo kux g ada kbar a gmana ni?

  16. aryan says:

    jangan lupa nanti tanggal 8 januari ada ivent di air terjun pengantin, pada dateng ya… :mrgreen: di tunggu kunjungan nya

  17. hany says:

    wah,..ada ivent apa tu mas? lagi dirumah nggak ya tanggal 8 ,..hihi:)

  18. Hari minggu, 08 januari 2012.., Di air terjun pengantin di goyang..,hehehe.., bersama Bupati Ngawi juga..,

  19. [...] air terjun pengantin hargomulyo sekarang ada lagi tempat wisata baru yaitu Sumber Air Panas Tempuran, semoga pemerintah setempat [...]

  20. sopandono says:

    jadi kangen sama kampung halaman hmhmhmhmhm……………………..