Musium Trinil, Wahana wisata ngawi murah meriah

12-ngw-A trinilNGAWI-Museum Trinil yang berada di Desa Kawu Kedunggalar, Ngawi masih menjadi pesona wisata masyarakat lokal. Meski di luar liburan sekolah, jumlah pengunjung dalam enam bulan terakhir terus mengalami peningkatan. Kebanyakan mereka berasal dari kalangan pelajar berbagai jenjang. Yang memanfaatkan lokasi yang terletak di pinggir aliran Bengawan Solo itu untuk menambah wawasan tentang sejarah manusia purba.

”Memang sekarang lebih ramai, ketimbang dulu.Apalagi sekarang ini anak-anak sekolah oleh gurunya sering diajak berkunjung ke sini(museum Trinil,Red). Kalau hari-hari biasa ini saja pengunjung mencapai puluhan orang,”terang Sujono salah seorang pemandu kepada koran ini.

Dikatakan,daya tarik tempat tersebut adanya penambahan beberapa fasilitas mainan anak-anak. Sejak pembangunan wahana rekreasi keluarga itu, pengunjung sekitar lebih suka menghabiskan waktu liburannya di kawasan wisata tersebut.”Tarifnya pun murah. Untuk anak-anak hanya Rp 500 per anak. Sedangkan, orang dewasa cukup seribu rupiah saja,”katanya.

Museum Trinil merupakan museum khusus yang dimiliki Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala(BP3)Trowulan Mojokerto. Di lokasi seluas tiga hektare itu tersimpan fosil manusia dan binatang purba yang hidup jutaan tahun silam.Salah satunya fosil Pithecantropus Erectus yang ditemukan Eugene Dubois pada 1891 lalu.’ Dan yang juga terkenal gading gajah yang panjangnya mencapai empat meter. Atau dalam bahasa latinnya Stegodon Trigenochepalus Ivory,”tuturnya.

Nanda Gita Pratama,salah seorang pengunjung mengaku senang dengan pajangan fosil-fosil purba itu. Salah satu baginya yang menarik adalah tanduk kerbau purba yang panjangnya dua meter. Yang dalam bahasa latin dinamakan Bubalus Palaeo Kerabau Horn.’ ‘Yang itu (fosil tanduk kerbau,Red) yang sangat unik dan menarik,”ucap bocah yang duduk di bangku sekolah dasar tersebut. (dip/tya)

By : Jawa Pos

Melu kategori : NgawiWisata

50 Responses to “Musium Trinil, Wahana wisata ngawi murah meriah”

  1. hardian says:

    ayo BPC adain lg VISIT TRINIL YEAR 2010
    .-= Posting baru hardian : tak jelas =-.

  2. mrpall says:

    lumayannn…trinil

  3. ekoyudhi says:

    aku ke trinil dah brapa kali ya?????

  4. Anton says:

    Boleh juga tuh … jalan-jalan ke Trinil … dah lama aku nggak main ke sana.
    .-= Posting baru Anton : Astaga.com lifestyle on the net =-.

  5. Denmasmister says:

    lha aku dewe durung tau mrono leh, padahal yo wong ngawi… :d

  6. vicky says:

    kapan…. ya kesana….
    .-= Posting baru vicky : video rekaman lucu CS Im3 VS Cewek Iseng =-.

  7. vicky says:

    huft…. wartawane iki seng di poto kok yo cah SD to yo…….. apa mungkin di trinil tidak ada pengunjung gadis gadis ABG ya… wakakakakaka

  8. Anton says:

    Koyo wani wae karo cewek ?! lek wani yo golek dewe wkwkwkwkwkwkwkwk
    .-= Posting baru Anton : Astaga.com lifestyle on the net =-.

  9. vicky says:

    wani ta mas…. iki wes golek… tapi rung entuk, alias rung diijinkan sama yang di Atas…
    .-= Posting baru vicky : video rekaman lucu CS Im3 VS Cewek Iseng =-.

  10. Denmasmister says:

    halah, lha sampeyan goleke milih milih kok mas, koyok milih klambi ae, dadi yo gung intuk intuk alias gung diijene karo sing Kuoso, heheheh :D

  11. budies says:

    aku ke trinil taon 1979, wah sudah 30 taon apa ada penambahan lagi ya koleksi fosilnya, dulu apaya lupa dah aku
    .-= Posting baru budies : MOUSE GETAR, PRODUK BARU? =-.

  12. budies says:

    wah dulu tamasya ke trinil naek truk dari sidolaju, kalau gak salah sekitar kelas 4-5 esde
    .-= Posting baru budies : MOUSE GETAR, PRODUK BARU? =-.

  13. Anton says:

    Sugeng enjing …

  14. hm… sapa yach yang belum pernah kesana? hehe

  15. nDRu says:

    kapan trinil di kembangkan lagi ya, dibangun apa atau di tambahi fasilitas apa biar semakin menarik ????
    .-= Posting baru nDRu : Road to Milad TPC 2009 =-.

  16. hidayatus says:

    Trinil
    .-= Posting baru hidayatus : Menjadi Mahasiswa Muslim Sejati =-.

  17. budies says:

    bangga jadi putera Ngawi, kota tua, tu buktinya trinil
    .-= Posting baru budies : WINNER ANNOUNCEMENT, ITSF 2009 =-.

  18. budies says:

    aku lho bikin widget scrollbox kok gak jadi-jadi, mau pasang kode, malah muncul gambarnya beneran…wis-wis mau minta tolong warga Ngawi kok jauh timen ya..gimana ngongkosinya

  19. bend says:

    wah aq lom pernah ngambah trinil iki, kpn yo…?
    .-= Posting baru bend : Online File Storage, Online Backup, Online Sharing dan FTP / Email Server =-.

  20. Anton says:

    Pripun yen margine di damel sae disik … lawong aku pernah ke sana … koyok e jalane rusak … loh, embuh saiki ?
    .-= Posting baru Anton : Astaga.com lifestyle on the net =-.

  21. ndoro guh says:

    Idene mas Anton bagus sebaiknya promosi wisata
    ya yang bisa bikin wisatawan tertarik dan bilang sama temen wisatawan lainya utk datang ke trinil termasuk jalan bagus

    mudah2 an diperhatikan

  22. budies says:

    JADI rindu pingin pulang kampuang nan jauah di mato
    .-= Posting baru budies : WINNER ANNOUNCEMENT, ITSF 2009 =-.

  23. budies says:

    hehehehe…penyerahan adiae ntar tgl 10-11 februari di hotel Shangri-La Jakarta..kalau sempat mau pulang kampung sekalian
    .-= Posting baru budies : WINNER ANNOUNCEMENT, ITSF 2009 =-.

  24. nohara says:

    bapakku dulu mau ajak ke trinil gak jadi
    sampe sekarang belum tahu trinil
    kasian deh aku
    .-= Posting baru nohara : GURU SMA AMPAH HARUMKAN KALTENG =-.

  25. nohara says:

    lho kok gambar bapakku yang muncul

  26. busiti says:

    boleh gak ya gabung ke kota ngawi, saya bukan berasal dari ngawi, tapi suami saya orang ngawi
    .-= Posting baru busiti : SANG PEMIMPI =-.

  27. ekoyudhi says:

    hmmmm……………..

  28. nohara says:

    perasaan siang tadi aku komen, ah nasib
    .-= Posting baru nohara : Untung udah ku ajarin naik lift… =-.

  29. Zebhi says:

    Museum Trinil termasuk tempat wisata paling terkenal di dunia. Soal’e masuk buku sejarah.

    Trinil oh Trinil…
    .-= Posting baru Zebhi : Trik Facebook : Update Status Facebook via HT Pak Polisi =-.

  30. pawartalamat says:

    ikut nimbrung, trinil… hmm terkenal tapi terkinil-kinil
    .-= Posting baru pawartalamat : BELAJAR MEMBUAT SCROLLBOX =-.

  31. mrpall says:

    jalan-jalan ke Trinil … dah lama aku nggak main ke sana.

  32. kacang says:

    xixixi…
    wong ngawi tp suwi banged gag nyambangi trinil.
    isin aku
    .-= Posting baru kacang : terminal arjosari =-.

  33. Salam kenal dari blogger semarang,senang bisa berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini, semoga tali silahturahmi bisa terjalin.
    .-= Posting baru blogger semarang : Sejuta Rasa Kuliner Semawis =-.

  34. vicky says:

    test coment……..

  35. munip says:

    Haloow kota Ngawi piye kabare , aku Pangkur,Ngompro , Gadung

  36. yudhie says:

    wahh trinil harus dipromosikan ke luar daerah karena potensinya sangat besar sebagai tempat wisata dan belajar

  37. Lysa Anta says:

    ngawi…., ayo terus berkembang, daku yang jauh dari dikau akan selalu merindukan kota kelahiran tercintaku…..

  38. Intan says:

    klu ke museum Trinil, mmpir ke humz q yha..dkt kox, humz q cat rmh nya wrna hijau>>> Aq tnggu lhoo….

  39. Intan Spensa says:

    klu ke museum Trinil mmpir ndx humz qw yha, dkt kox… humz q cat rmh e wrna hijau>>> aq tunggu lhoo